hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

Senin, 31 Januari 2011

Cara Mengupas Bawang merah yang Baik dan benar

Tips Mengupas Bawang MerahSebagian orang menganggap bawang merah hanyalah bumbu dapur biasa. Kita sering menggunakan bawang merah untuk berbagai jenis masakan. Bahkan hampir semua jenis masakan Indonesia cocok menggunakan bumbu bawang merah. Akan tetapi, mengolah bawang merah kadang menyulitkan kita.

Bawang merah punya khasiat tersembunyi bagi kesehatan. Bawang merah bermanfaat untuk mencegah darah tinggi, asma, serta memperbaiki pencernaan. Secara turun-temurun, bawang merah telah dipakai sebagai obat tradisional, seperti untuk membantu menurunkan panas.

Tips Mengupas Bawang MerahYang sering menjengkelkan kita adalah saat kita mengupas bawang merah. Sering mata kita terasa perih dan berair saat mengupas bawang merah. Meski sudah dicoba agar bawang merah jauh dari mata kita, tetapi uapnya yang panas tetap saja membuat kita menangis. Hal ini dikarenakan bawang merah mempunyai getah yang mengandung asam sulfenat.

Nah ada sedikit trik agar kita terhindar dari rasa pedih itu. Caranya adalah membuang kedua ujung atas dan bawah bawang merah sebelum mengupasnya. Bawang merah juga bisa direndam dengan air es untuk beberapa saat agar getah bawah merah dapat diendapkan. Dengan demikian, zat yang membuat mata pedih tidak menguap ke udara. Pemilihan pisau juga perlu diperhatikan. Menggunakan pisau yang tajam akan mengurangi jumlah sel bawang merah yang pecah sehingga mengurangi uap yang keluar.

Jika Anda ingin mengupas bawang merah dalam jumlah besar, maka ada cara tersendiri. Pertama-tama, rendam bawang merah dalam wadah yang berisi air mendidih kemudian tutup rapat. Setelah dingin, tiriskan dan bawang merah dapat dikupas dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar